Monday, April 4, 2016

Seorang Developer Buta Mampu Menciptakan Sebuah Aplikasi Untuk Melihat Dunia


Saqib Shaikh
Dalam acara Microsoft Build 2016. Microsoft menunjukkan bagaimana API-nya telah menginspirasi salah satu insinyur perangkat lunak, Saqib Shaikh, untuk menciptakan sebuah aplikasi yang dapat membantu orang buta untuk melihat dunia.

Shaikh sendiri mengalami kebutaan sejak berusia tujuh tahun. Dia telah bekerja di Microsoft selama 10 tahun terakhir di London. Saat ini dia mengembangkan sebuah aplikasi yang disebuh Seeing AI sebagai sebuah proyek penelitian menggunakan intelligence API dari Microsoft Cognitive Services.

Aplikasi ini dapat dijalankan pada Smartphone serta kacamata (Pivothead SMART glasses). Aplikasi ini dapat melihat benda maupun orang, kemudian menerjemahkan apa yang dilihatnya dan memberi pesan audio ke penggunannya.

Dalam video Shaikh, dia menunjukkan bagaimana cara penggunaan aplikasi ini seperti saat sedang berjalan dia bisa merasakan ada orang bermain Skateboard di dekatnya.

Aplikasi ini juga dapat memberitahu jenis kelamin, usia dan bahkan keadaan emosional seperti bahagia, sedih atau terkejut dari orang-orang yang berada di dekatnya. Versi Smartphone dalam aplikasi ini dapat digunakan untuk mengambil teks dari gambar seperti menu, kemudian akan aplikasi ini akan membacakan teks tersebut kepada penggunanya.

Proyek ini masih dalam tahap penelitian, tidak ada jadwal resmi kapan diluncurkan. Jika aplikasi ini dirilis dapat memberikan pengaruh positif terhadap orang-orang buta.
Kecerdasan buatan berkembang begitu cepat, dan saya tidak pernah berfikir ini akan menjadi kenyataan. Jadi mulai untuk mengambil langkah awal dari mimpimu dan jadikan mimpimu menjadi kenyataan. "Saqib Shaikh, Blind Developer"

Categories:

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Copyright © sekoding blogs | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑